Keramik Dinding Dapur

Mengaplikasikan keramik dinding dapur memang semakin diminati akhir-akhir ini. Selain mampu memperkuat kesan artistik pada ruang memasak, material keramik juga memang terbukti lebih awet, aman, dan mudah dibersihkan. Sehingga tidak heran kalau banyak dipilih oleh masyarakat.

10 Contoh Motif Keramik Dinding Dapur

  1. Motif Brick
Keramik Dapur Motif Brick
pinterest.com

Mengaplikasikan motif batu bata berwarna klasik, akan membuat dapur tampak indah dan elegan. Unsur estetikanya cocok dipadukan dengan berbagai jenis kitchen set.

  1. Motif Persegi
Keramik Dapur Motif Persegi
hanseceramictile.com

Menghadirkan keramik bermotif persegi dalam balutan warna hijau cucumber, tentu akan menciptakan kesan sejuk pada dapur, sehingga kegiatan di dapur lebih menyenangkan.

  1. Motif Persegi Panjang Kombinasi Bambu Horizontal
Keramik Dapur Motif Persegi Panjang Kombinasi Bambu Horizontal
loveproperty.com

Keramik bermotif persegi panjang dimana bagian bawah dikombinasikan warna pastel yang disusun secara horizontal, seperti bambu akan membuat dapur tampak lebih estetik. Gabungan warna kontras menciptakan kesan elegan yang tidak biasa.

  1. Motif Tegel Ornamen Batik
Keramik Dapur Motif Tegel Ornamen Batik
tiletown.co.uk

Hadir dalam berbagai ornamen batik berwarna lembut, motif tegel memang cocok kalau diaplikasikan sebagai dinding dapur, karena dapat menghadirkan suasana etnik yang kental.

  1. Motif Kubah Transparan
Keramik Dapur Motif Kubah Transparan
pinterest.com

Kesan modern minimalis memang terasa kuat dengan menggunakan keramik bermotif kubah line transparan. Apalagi mengusung warna dasar grey yang membuat dapur tampak cantik.

  1. Motif Roman
Keramik Dapur Motif Roman
thecornwalltilecompany.co.uk

Keramik bermotif roman warna putih sangat cocok diterapkan pada dapur minimalis agar terlihat selalu bersih dan rapi, apalagi kalau dipadukan dengan furniture warna hitam.

  1. Motif Bunga Silver
Keramik Dapur Motif Bunga Silver
overstock.com

Dinding berkeramik silver bermotif bunga memang match kalau dengan furniture dapur berbahan aluminium, karena warnanya senada sehingga mampu menciptakan kesan elegan.

  1. Motif Klasik Tempered Gold
Keramik Dapur Motif Klasik Tempered Gold
overstock.com

Penggunaan keramik bermotif klasik berwarna gold akan memberikan kesan klasik nan mewah pada ruang dapur. Pola ini cocok dikombinasikan dengan furniture kayu.

  1. Motif Herringbone
Keramik Dapur Motif Herringbone
tilemountain.co.uk

Pola klasik modern Herringbone akan membuat ruang dapur menjadi tidak membosankan. Apalagi, ada beragam pilihan warna untuk motif ini yang dapat disesuaikan dengan selera.

  1. Motif Hexagonal
Keramik Dapur Motif Hexagonal
matchness.com

Mengaplikasikan keramik pola hexagonal berwarna putih yang ditata random akan menghadirkan kesan mewah pada dapur. Apalagi dengan penggunaan background gelap.

Tips Penggunaan Keramik untuk Dinding Dapur

Menggunakan dinding keramik sudah pasti akan mempercantik tampilan dapur. Namun, supaya match dengan ruang dan furniture, sebaiknya pilihlah warna dan motif keramik yang sesuai. Berikut ini adalah tips menggunakan keramik untuk dinding dapur yang dapat dijadikan pertimbangan.

  • Keramik Berukuran Kecil

Model keramik berukuran minimalis akan tampak lebih artistik, dan cocok diaplikasikan pada berbagai jenis ruang dapur. Anda bisa menyesuaikan warna dan motif sesuai selera, dan warna furniture yang ada. Dengan begitu, maka akan menciptakan kombinasi sempurna.

  • Mengaplikasikan Konsep Monokrom

Pada dapur mungil berukuran minimalis, memasang keramik dengan konsep monokrom hitam putih bisa menjadi pilihan terbaik. Dijamin ruangan dapur akan tampak lebih unik dan kekinian. Untuk pilihan kitchen set, sebaiknya pilihlah warna-warna pastel.

  • Tidak Memasang Full Keramik

Menciptakan kesan 3D dengan memberikan background polos berwarna gelap pada dinding keramik dapat menjadi pilihan terbaik. Supaya kesan timbul lebih nampak, pilihlah keramik pola diagonal maupun hexagonal berwarna silver, atau putih.

  • Keramik Tegel

Jenis keramik tegel akan menghadirkan nuansa super artistik pada ruang dapur. Apalagi, keramik ini tidak dijual dalam motif sama, sehingga setiap unit keramik menampilkan pola berbeda. Namun, Anda masih bisa memilih theme-nya agar tampak senada.

Kelebihan & Kekurangan Penggunaan Keramik untuk Dinding Dapur

Seperti diketahui, bahwa area tempat memasak memang rawan kotor, sebab dinding pasti kerap terkena cipratan noda minyak, air dan sebagainya. Kalau hanya mengandalkan cat tembok, pasti dinding akan cepat rusak. Oleh karena itu banyak yang menjadikan keramik sebagai alternatif solusi.

Namun, sebelum memasang keramik sebagai lapisan dinding di ruang dapur, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dinding keramik:

  • Tahan Lama

Pembuatan keramik telah melalui proses pembakaran dengan temperatur mencapai 1.200 C, hingga menciptakan material yang tahan lama dan tidak mudah rusak, meskipun terkena goresan benda tajam. Jadi, sangat berbeda dengan cat maupun wallpaper pada umumnya.

  • Mudah Dibersihkan

Proses membersihkan keramik dinding terbilang lebih cepat dan mudah. Anda hanya membutuhkan air dan sabun pembersih untuk menghilangkan noda bandel yang menempel, sehingga Anda tidak perlu risau kalau dinding kecipratan cairan.

  • Motif Variatif

Ada beragam pilihan motif, bentuk, dan warna keramik yang dapat dijadikan sebagai referensi Anda, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Jadi, Anda bisa menciptakan ruang dapur yang apik, dan memiliki unsur estetik, serta enak dipandang.

  • Tidak Perlu Memperhalus Dinding

Apabila berencana memasang keramik, maka Anda tidak perlu direpotkan dengan proses memperhalus dinding menggunakan lapisan semen atau aci yang terbilang cukup mahal.

Kekurangan dinding keramik:

  • Harga Relatif Mahal

Dibandingkan menghaluskan dinding, mengecat tembok, dan menggunakan wallpaper, harga keramik memang relatif lebih mahal. Namun, tentunya harga sebanding dengan kualitas.

  • Pemasangan Harus Dilakukan Profesional

Untuk memasang keramik dibutuhkan tukang bangunan berpengalaman. Hal tersebut dikarenakan proses pemasangan menuntut ketelitian dan juga keterampilan memadai.

Kisaran Harga Keramik

Berdasarkan Ukurannya Dalam konstruksi dapur, budget memang merupakan suatu hal paling essential. Oleh sebab itu, sebagai smart buyer Anda sebaiknya memiliki referensi harga keramik, dan berapa diameter atau ukuran yang dibutuhkan. Jadi, bisa mempersiapkan anggaran secara lebih matang.

Di bawah ini adalah kisaran harga keramik berdasarkan ukurannya di pasaran:

Spesifikasi / TipeVariasiUkuranHarga Per Kotak
Keramik Roman20 cm x 20 cm Gol ARp. 86.000
20 cm x 20 cm Gol BRp. 90.500
20 cm x 25 cm Gol ARp. 86.000
20 cm x 25 cm Gol BRp. 90.500
Keramik PlatinumGalaxy Black, White, Brown, Grey, Cream20 cm x 20 cmRp. 41.000
Roxy Black, Brown, Blue, Green, Red, Grey20 cm x 20 cmRp. 41.000
Petra Terracotta, Cream20 cm x 20 cmRp. 41.000
Alpha Blue, Green20 cm x 20 cmRp. 44.500
Keramik Asia TileZara20 cm x 25 cmRp. 52.000
Montana20 cm x 25 cmRp. 60.500
Metro20 cm x 25 cmRp. 58.600
Cornello20 cm x 25 cmRp. 61.000
Keramik MilanPure Color50 cm x 50 cmRp. 96.000
Fancy Color50 cm x 50 cmRp. 115.500
Classy Color25 cm x 50 cmRp. 88.000
Median40 cm x 40 cmRp. 54.000
Keramik HerculesDark40 cm x 40 cmRp. 50.900
Motif Khusus40 cm x 40 cmRp. 45.900
White40 cm x 40 cmRp. 41.200
Motif Dasar Putih40 cm x 40 cmRp. 47.500

Keramik dinding dapur tentu memiliki karakteristik, dan fungsi berbeda dengan keramik lantai. Oleh sebab itu, saat hendak membeli Anda perlu bertanya kepada penjual terlebih dahulu. Umumnya, keramik dinding memiliki permukaan lebih licin dan lebih tipis dibandingkan keramik lantai.

Itulah info terkait keramik untuk dinding dapur, semoga artikelnya bermanfaat ya!