Lampu Hias Gantung Minimalis

Dekorasi tempat berkumpul, seperti ruang makan, ruang tamu, atau ruang keluarga tampaknya cukup diperlukan jika menginginkan tampilan ruangan indah seperti di layar kaca. Cukup tambahkan lampu gantung hias minimalis. Boom! Interior rumah Anda akan langsung berubah jadi cantik.

Penggunaan lampu ini tak hanya sebagai hiasan semata. Pengaplikasiannya di desain untuk rumah dengan langit-langit tinggi, agar memberikan penerangan yang maksimal dibandingkan menggunakan lampu pijar biasa.

Model Lampu Hias Gantung

Seiring dengan maraknya kreatifitas anak negeri, semakin banyak pula jenis karya seni yang diterapkan dalam berbagai bentuk pengaplikasian, termasuk pada desain dan model lampu hias. Anda pun juga perlu mengetahui ragam model lampu hias ini sebelum memutuskan untuk memasang sendiri.

  1. Lampu Gantung Model Chandelier
Lampu Gantung Model Chandelier
next.co.uk

Tipe ini punya banyak cabang untuk tempat fitting lampu dengan variasi ukuran beragam, mulai dari kecil sampai yang besar. Material penyusun lampu ini terbilang kompleks sehingga harganya menjadi sedikit lebih mahal.

Meski demikian, keberadaanya akan sangat pas sebagai daya tarik utama suatu ruangan. Chandelier umumnya mempunyai sifat yang lebih spesifik dan hampir selalu bergaya klasik. Setiap ruangan dengan chandelier akan selalu menonjolkan kesan elegan dan artistik.

Seiring waktu, tipe lampu ini tak melulu berbahan kristal dan bernuansa gemerlap. Ada pula model chandelier yang bergaya modern, simpel, serta minimalis.

  1. Lampu Gantung Model Pendant
Lampu Gantung Model Pendant
2modern.com

Tidak seperti chandelier, lampu pendant hanya memiliki satu cabang untuk tempat lampu. Tipe ini memang didesain lebih sederhana dan ragam bentuknya lebih bervariasi. Harga lampu pendant lebih ekonomis dan sangat sesuai untuk interior ruangan bergaya minimalis.

  1. Lampu Gantung Model Slim Light
Lampu Gantung Model Slim Light
litfad.com

Bentuk lampu ini menyerupai teropong, ramping, dan umumnya berwarna hitam. Pemasangan lampu ini bertujuan untuk menerangi fokus area yang sempit dan kecil. Selain memiliki desain yang menarik, lampu ini juga jadi penerang yang apik serta memberi kesan minimalis.

  1. Lampu Gantung Model Firefly
Lampu Gantung Model Firefly
bocadolobo.com

Model lampu gantung firefly menyuguhkan desain elegan yang kompleks namun tetap terasa minimalis. Bentuk lampunya memiliki banyak cabang dan saat dinyalakan akan tampak seperti kunang-kunang. Umumnya, material penyusun lampu hias firefly adalah besi dan kaca.

  1. Lampu Gantung Model Lilin
Lampu Gantung Model Lilin
birchlane.com

Model ini menyerupai tempat lilin dengan beberapa fitting lampu. Umumnya, lampu ini digunakan sebagai sistem penerangan general dan dipasang pada ruangan berplafon tinggi. Desain model yang ditonjolkan adalah klasik minimalis.

  1. Lampu Gantung Model Lilin dengan Kap
Lampu Gantung Model Lilin dengan Kap
mcgeeandco.com

Model lampu ini memiliki banyak cabang seperti chandelier dengan bentuk bohlam seperti lilin. Perbedaannya hanya terdapat pada penggunaan kap untuk menutupi dan memendarkan cahaya lampu.

  1. Lampu Gantung Model Kerucut
Lampu Gantung Model Kerucut
mcgeeandco.com

Model lampu ini berbentuk seperti bangun ruang silinder ataupun kerucut. Tujuan penggunaan lampu ini terbatas pada pencahayaan yang fokus pada area tertentu, seperti untuk menerangi meja makan.

Bentuk kap lampu hampir menutupi seluruh area pendar cahaya. Dengan demikian, model ini tidak dapat digunakan sebagai lampu penerangan utama.

  1. Lampu Gantung Bentuk Kubah
Lampu Gantung Bentuk Kubah
interior-deluxe.com

Model ini memiliki bentuk kap setengah lingkaran seperti kubah. Desain ini dapat dikreasikan dalam aksen tradisional, klasik, maupun futuristik. Desain kubah menampilkan susunan yang unik dan terlihat praktis.

  1. Lampu Gantung Minimalis
Lampu Gantung Minimalis
insplosion.com

Model desain minimalis biasanya tak banyak memiliki corak unik. Fokus model ini adalah kesederhanaan, ukuran minim, dan kesan elegan. Bohlam yang diperlukan juga kecil meski jumlah fitting cukup banyak. Walau minimalis, lampu ini tetap mungkin untuk jadi penerangan utama.

  1. Lampu Gantung Model Antik
Lampu Gantung Model Antik
luxesource.com

Untuk pecinta gaya vintage dan klasik, lampu antik bisa jadi sebuah solusi. Model lampu antik juga terdiri dari berbagai konsep, seperti industrial, klasik modern, rustic, antik Jawa, antik era Victorian, dan lain sebagainya.

  1. Lampu Gantung Model Industrial
Lampu Gantung Model Industrial
livingetc.com

Tipe lampu industrial umumnya memberikan nuansa klasik dan rustic. Ada yang terdiri dari satu soket lampu dan ada yang lebih. Biasanya, model lampu ini terbuat dari bahan metal.

Merk dan Kisaran Harga Lampu Hias

Terdapat banyak merk lampu gantung hias dengan harga bervariasi sesuai model dan kebutuhan material pembuat lampu. Berikut adalah merk lampu berkualitas yang dapat Anda pertimbangkan beserta informasi harganya:

  1. Eglo Tarbles 3I Ling            : Rp 400.000 – Rp 600.000 (bahan tembaga)
  2. IKEA Melody Lamp             : Rp 120.000 (bahan plastik)
  3. Heritage Philips 36995        : Rp 700.000 (bahan kaca metal)
  4. Nestudio Irene                    : Rp 1.000.000 (bubble lamp dari kaca)
  5. CHELIO 8902-3L                : Rp 416.000
  6. EELIC LHG-115                 : Rp 46.000 (bahan besi dan keramik)

Tips Memilih Lampu Hias

Memasang lampu hias sama dengan mendekorasi ruangan agar tampilannya makin menarik, harmonis, dan memperkuat nuansa yang ingin diusung. Perlu adanya pertimbangan aspek dalam memilih lampu yang tepat agar hasilnya tidak timpang dengan tata ruang.

Ingin tahu apa saja tips dalam memilih lampu hias? Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Perhatikan Desain Interior

Sebelumnya, tentukan dulu konsep yang ingin dibangun apakah modern, klasik, atau minimalis. Jika Anda menginginkan kesan modern, maka pilihlah lampu dengan desain futuristik. Jika Anda ingin konsep minimalis, maka cari lampu yang desainnya kalem atau yang tidak banyak ornamen.

Konsep lampu ini wajib disesuaikan dengan desain interior ruangan. Jika tidak, maka lampu dan ruangan tidak akan menyatu dan terkesan abstrak.

  • Sesuaikan dengan Ketinggian Langit-Langit Rumah

Ketinggian atap plafon dapat menentukan panjang lampu gantung yang diperlukan. Usahakan panjang lampu tidak lebih dari sepertiga tinggi ruangan agar lebih enak dipandang.

  • Sesuaikan dengan Desain Furnitur Lain

Agar harmonis dengan interior ruangan, pertimbangkan juga desain lampu dengan perabotan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari dominasi daya tarik lampu hias dalam suatu ruangan, sehingga nuansanya dapat terpancar lebih serasi.

  • Perhatikan Lokasi Penempatan

Sebagai contoh pemasangan lampu hias di ruang makan, lebih baik ukuran lampu tidak lebih dari sepertiga ruangan. Pasang lampu tepat di tengah atas meja makan dengan jarak ketinggian 1 meter dari permukaan meja.

  • Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Setiap bahan memiliki kharisma masing-masing. Jika Anda menginginkan model minimalis, maka pilihlah bahan besi, plastik, atau bahan yang cenderung polos dan simpel. Lain halnya jika konsep ruangan klasik, lampu kristal akan lebih cocok diaplikasikan pada jenis ruangan ini.

Mulai merasa hampa dengan ruangan yang gitu-gitu aja? Tak ada salahnya untuk mulai memasang lampu gantung hias di rumah Anda. Budget tipis maupun tebal bukan lagi jadi kendala.