Lampu Tidur Unik

Apakah tidur malam Anda sudah cukup nyenyak? Jika belum, mungkin permasalahan Anda ada pada lampu tidur. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya lampu memiliki pengaruh vital bagi kualitas tidur manusia.

Lampu dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang takut gelap agar tidur dengan nyaman. Kehadiran lampu saat tidur dapat menjadi sumber pencahayaan sekaligus mengistirahatkan mata, otak, dan semua organ tubuh. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak artikel ini.

Inspirasi Model Lampu Tidur Unik

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat desain lampu semakin beraneka ragam. Anda dapat menyesuaikan model lampu sesuai selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda masih bingung, berikut beberapa referensi model lampu tidur yang disajikan untuk Anda:

  1. Lampu Tidur Bulat
Lampu Tidur Bulat
thepalchoice.com

Pertama, ada model lampu bulat yang sangat cantik. Kehadiran lampu ini akan membuat Anda merasa memiliki bulan di kamar Anda. Untuk menyokong lampu bulan yang bulat, Anda bisa menggunakan dudukan bentuk geometri yang futuristik.

  1. Lampu Tidur Artistik
Lampu Tidur Artistik
rover.ebay.com

Selanjutnya, ada model lampu artistik yang sangat modern. Model lampu ini sebenarnya berbentuk bola lampu biasa yang diisi dengan tumblr light kekinian.

Desain lampu sederhana ini menjadi artistik lantaran kehadiran kerangka lampu berbentuk hexagon yang tipis. Tidak terbatas pada satu desain, Anda juga dapat memilih bentuk bola lampu dan kerangkanya sesuai selera.

  1. Lampu Tidur Model Pohon
Lampu Tidur Model Pohon
inspireuplift.com

Beberapa tahun belakangan ini, lampu pohon menjadi pilihan terbaik. Bermula dari TikTok, popularitas lampu pohon kini semakin gemilang. Sebenarnya, Anda dapat memilih berbagai desain lampu pohon.

Hal yang paling populer adalah desain lampu pohon dengan batang tipis dan ranting yang bercabang. Di sudut-sudut cabang pohon, Anda bisa mengisi lampu LED kecil berwarna kuning, biru, atau merah. Kehadiran lampu pohon akan menambah kesan hangat dan alami.

  1. Lampu Tidur Gantung Mozaik
Lampu Tidur Gantung Mozaik
etsy.com

Bagi Anda yang mementingkan nilai estetika, lampu gantung mozaik ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Anda dapat memilih warna mozaik yang pas agar cahaya lampu yang dihasilkan lebih indah. Kehadiran lampu ini dalam kamar Anda akan membuat siapapun yang melihatnya merasa kagum.

  1. Lampu Tidur Tanaman Kecil
Lampu Tidur Tanaman Kecil
walmart.com

Bagi Anda yang memiliki kamar minimalis mungil dan ingin pencahayaan minim, Anda dapat memilih model ini. Ada beragam bentuk tanaman yang bisa Anda pilih, mulai dari tulip, teratai, hingga jamur.

Meskipun ukurannya hanya setelapak tangan, tapi lampu ini dapat menjadi sumber pencahayaan yang cukup saat malam hari.

  1. Lampu Tidur Bentuk Kelinci
Lampu Tidur Bentuk Kelinci
vividgiftideas.com

Model lampu tidur selanjutnya adalah hewan kelinci. Warna putih bersih kelinci yang disinari lampu kuning di dalamnya akan membuat kesan imut dan menarik. Tidak hanya kelinci, ada pula bentuk hewan lainnya, seperti gajah, anjing, kucing, dan lain sebagainya.

  1. Lampu Tidur Bentuk Karakter Kartun
Lampu Tidur Bentuk Karakter Kartun
grandmasgiftshop.com

Berbeda dari bentuk sebelumnya, kali ini Anda bisa menghadirkan karakter kartun favorit di dalam kamar Anda.

Model lampu ini memiliki beraneka ragam pilihan, mulai dari doraemon, hamtaro, hello kitty, dan lain sebagainya. Siapapun yang melihat lampu ini pasti akan merasa nyaman, terutama anak kecil.

  1. Lampu Tidur Geometri
Lampu Tidur Geometri
hometalk.com

Lampu geometri menjadi salah satu bentuk yang paling populer di kalangan anak muda. Desainnya yang lebih detail dan rumit akan menghadirkan kesan artistik. Model lampu ini juga memiliki bentuk yang unik dan out of the box.

  1. Lampu Tidur Anak LED
Lampu Tidur Anak LED
homecrux.com

Jika Anda ingin menempatkan lampu sederhana yang memperhatikan nilai estetika, lampu anak LED bermotif hewan dapat dijadikan sebagai pilihan. Berbeda dari model bentuk tadi, lampu LED ini hanya memiliki cahaya di lubang pada bagian tengah.

  1. Lampu Tidur dalam Botol
Lampu Tidur dalam Botol
marieclaire.fr

Terakhir, ada model lampu dalam botol yang sangat unik, tapi tetap simple. Model ini sebenarnya sangat sederhana, hanya bola lampu biasa yang diletakkan terbalik dalam botol. Sebaiknya, gunakan warna lampu kuning agar menimbulkan kesan hangat.

Varian Warna Lampu Tidur

Setelah mengetahui aneka modelnya, sekarang Anda perlu mengetahui warna apa saja yang umumnya digunakan sebagai lampu tidur. Pasalnya, Anda tidak boleh sembarangan memilih warna dengan alasan kesehatan. Untuk itu, mari simak beberapa varian warna lampu yang baik untuk kesehatan mata:

  • Merah

Warna merah sangat cocok untuk digunakan di kamar anak atau penderita phobia gelap. Pasalnya, warna ini mampu menetralisir peningkatan melatonin. Dengan menggunakan lampu berwarna merah, suasana kamar akan menjadi segar dan hangat.

  • Kuning

Warna kuning banyak dijadikan sebagai pilihan karena efeknya mirip seperti sinar matahari, hanya saja tidak menyilaukan. Cahaya kuning yang memancar mampu meningkatkan kualitas otak dan membuat Anda lebih optimis dan kreatif.

  • Biru

Saat mendengar warna biru, pasti yang terlintas di benak Anda adalah lautan lepas dengan ombak yang menggulung lembut.

Lebih daripada itu, ternyata lampu tidur berwarna biru dapat menenangkan saraf otak dan mata saat Anda sedang tidur. Selain itu, warna ini juga dapat membuat Anda merasa tenang dan damai.

  • Hijau

Semua orang pasti menyukai warna hijau yang menenangkan pikiran. Menurut para ahli, warna hijau dapat menciptakan rasa nyaman dan aman saat Anda sedang tidur.

  • Ungu

Meskipun lebih jarang digunakan daripada warna yang lain, tapi warna ungu dapat dijadikan sebagai salah satu opsi terbaik.

Warna cantik yang satu ini diyakini dapat meningkatkan kualitas berpikir seseorang menjadi lebih bijak. Selain itu, warna ini juga dapat mengatasi depresi dan stres berlebih.

  • Putih

Warna yang terakhir ini tidak terlalu direkomendasikan. Meskipun dapat membuat Anda cepat mengantuk, nyatanya warna putih dapat memicu sakit kepala dan meningkatkan ritme jantung. Bila Anda memang ingin menggunakan warna ini, sebaiknya pilih yang putih redup.

Tips Memilih Lampu Tidur

Tahukah Anda bahwa lampu memiliki peran yang sangat penting bagi kualitas otak dan kesehatan manusia? Jika sudah tahu, maka penting bagi Anda untuk memilih lampu tidur yang tepat.

Bila salah memilih, fungsi lampu akan berkurang dan malah mengganggu kesehatan Anda. Jika lampu tidak mampu membuat tidur Anda merasa nyaman, nantinya Anda malah terserang berbagai penyakit, kelelahan, depresi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips memilih lampu untuk mengantar tidur. Berikut tips-tipsnya:

  • Pilih Model Lampu

Penting bagi Anda untuk memilih model lampu yang Anda sukai. Memilih lampu tidur yang sesuai dengan selera Anda diyakini dapat meningkatkan kenyamanan dan mencegah depresi saat tidur.

  • Perhatikan Ukuran Lampu

Sebaiknya, sesuaikan ukuran lampu dengan luas kamar tidur Anda. Jika kamar tidak terlalu besar, maka pilihlah lampu yang kecil. Sebaliknya, jika kamar Anda besar, pilihlah lampu ukuran sedang agar seluruh sudut ruangan dapat terpapar cahaya lampu.

  • Sesuaikan Warna Lampu dengan Kebutuhan

Anda dapat melihat penjelasan mengenai lampu di atas. Jika Anda ingin tidur lebih nyaman dan tenang, maka Anda dapat memilih lampu berwarna biru atau hijau. Bila Anda ingin suasana hangat, maka warna kuning dan merah dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Setelah mengetahui penjelasan lebih lanjut terkait lampu tidur, kini Anda dapat mulai mempertimbangkan untuk memilikinya. Seiring berkembangnya zaman, Anda sudah dapat memilih lampu tidur yang memiliki nilai estetika tinggi. Namun, saat memilih lampu, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips di atas, ya!