Meja Tamu Aquarium Minimalis

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat ruang tamu hunian Anda menjadi indah menawan. Salah satu cara mempercantik ruangan adalah dengan menambahkan beragam furniture artistik, seperti meja aquarium. Jadi, ruang tamu bisa tampak lebih hidup dan mengesankan.

Mengobrol dengan ditemani suasana ala lautan yang adem dengan ikan-ikan berenang kesana-kemari tentu akan menciptakan kesan berbeda. Selain itu juga dapat memberikan efek fresh bagi pikiran. Karenanya, wajar saja kalau meja multifungsi ini mulai dilirik banyak kalangan.

Apa itu Meja Tamu Aquarium?

Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan istilah meja aquarium, dan tidak sedikit pula yang salah persepsi mengartikannya. Pasalnya, kata tersebut bukan merujuk pada meja atau furniture tempat meletakkan aquarium, melainkan aquarium yang sekaligus difungsikan sebagai meja.

Meja tamu aquarium merupakan produk furniture custom yang mengkombinasikan perabotan (meja) dengan aquarium. Biasanya, ketebalan kaca yang diaplikasikan bervariasi, dimana kaca aquarium lebih tipis jika dibandingkan kaca untuk tatakan meja sehingga permukaannya lebih kokoh.

Sejauh ini, produk aquarium table lebih banyak dijual secara custom, yaitu baru diproduksi saat ada pemesan, dan customer dapat request model, dimensi, warna dan ketebalan kaca, sistem ventilasi, desain, hingga rangka penopang aquarium. Jadi, bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Referensi Model Meja Tamu Aquarium

  1. Meja Aquarium Model Minimalis
Meja Aquarium Model Minimalis
engineeringdiscoveries.com

Mengusung bentuk simple minimalis, meja dari material kaca ini tampak begitu cantik karena sekaligus berfungsi sebagai aquarium. Aplikasi pasir kasar berwarna gelap dengan artificial plants hijau memberikan kesan dark dan misterius, namun elegan di ruang tamu.

  1. Meja Aquarium Model Kotak Fancy Custom
Meja Aquarium Model Kotak Fancy Custom
engineeringdiscoveries.com

Siapa tidak terpesona dengan meja sekaligus aquarium yang menonjolkan biru lautan dan warna warni ikan serta karang di dalamnya? Meja yang tampak seperti replika blue ocean ini hadir dengan permukaan lebih lebar, sementara rang paling bawah terbuat dari granit hitam.

  1. Meja Aquarium Model Mangkok Rangka Besi
Meja Aquarium Model Mangkok Rangka Besi
lushome.com

Hadir dalam desain aquarium model mangkok dengan ditopang rangka besi berwarna hitam. Sekilas meja dengan air aquarium berwarna hijau tosca dengan ikan koi merah putih ini memang terlihat seperti agar-agar. Tampak menawan dan sepertinya lezat untuk disantap.

  1. Meja Aquarium Model Letter L
Meja Aquarium Model Letter L
buzzfeed.com

Apabila membutuhkan meja kaca aquarium berukuran lebih besar, maka model letter L wajib masuk dapat list Anda. Hadir dengan butiran bebatuan dasar berwarna candy, konsep aquarium yang diusung memang terlihat simple, namun tetap mewah dan elegan.

  1. Meja Aquarium Model Pearl Rangka Aluminium
Meja Aquarium Model Pearl Rangka Aluminium
philmelugin.co

Desain aquarium kotak dengan rangka aluminium dan bagian atas meja di cover dengan keramik berwarna senada memang sukses membuat mata terpana. Aplikasi kehidupan dalam air yang matching memberikan kesan mewah dan mahal pada meja ini.

  1. Meja Aquarium Model Berundak Minimalis
Meja Aquarium Model Berundak Minimalis
pinterest.com

Kalau diperhatikan secara lebih detail, aquarium disangga rangka besi hitam mungil, sementara bagian paling atas adalah kaca berwarna hitam transparan. Sedangkan aplikasi aquarium dengan warna biru yang kuat berhasil memberikan kesan fancy minimalis.

  1. Meja Aquarium Model Persegi Panjang Frame Aluminium
Meja Aquarium Model Persegi Panjang Frame Aluminium
pinterest.com

Berbeda dengan desain model sebelumnya, meja dan aquarium menghadirkan sekat terpisah di area tengah sehingga memberikan jarak tipis. Meskipun meja mengaplikasikan permukaan kaca hitam, namun keindahan aquarium tetap terekspos jelas dari sisi samping.

  1. Meja Aquarium Model Oval
Meja Aquarium Model Oval
polyandpixel.com

Kesan minimalis modern dan mahal memang terpancar jelas dari meja berbentuk oval ini. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari pemilihan batuan dan warna dominan aquarium, sehingga menciptakan kesan mewah dan mempesona yang begitu eye catching.

Meja Aquarium Oval Simple
pinterest.com/SuperTiti

Kisaran Harga Meja Tamu Aquarium Berdasarkan Standar Ukuran

Menarik kesimpulan mengenai harga aquarium table sebenarnya tidak mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa produk ini biasa dijual dengan sistem PO secara custom. Sedangkan harga yang akan ditampilkan pada tabel merupakan hasil riset singkat dari beberapa ecommerce.

Meja Aquarium Minimalis
lushome.com
TipeMaterialDimensiHarga
Aquarium custom desainFull Glass50 cm x 50 cm x 50 cmRp. 12.000.000
Aquarium MinimalisKaca + Kayu40 cm x 70 cm x 80 cmRp. 500.000
Meja Tamu Aquarium MinimalisKaca + Aluminium + Kayu91 cm x 48 cm x 46 cmRp. 2.900.000
Meja Tamu Aquarium MewahKaca + Aluminium + Kayu80 cm x 35 cm x 30 cmRp. 2.400.000

Kelebihan dan Kekurangan Meja Tamu Aquarium

Selain unggul dari segi artistik, faktanya meja tamu aquarium juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui oleh calon customer. Hal ini sangat penting sebab dengan begitu, maka Anda bisa lebih mempertimbangkan apakah akan membeli meja aquarium atau tidak.

Meja Aquarium Rangka Besi
instructables.com

Kelebihan meja tamu aquarium:

  • Bernilai artistik
  • Menciptakan suasana adem dalam ruangan
  • Ruang tamu tampak mewah dan elegan
  • Media refreshing
  • Multifungsi sehingga lebih irit ruangan
  • Tersedia dalam beragam varian model desain dan warna
  • Meja mudah dibersihkan, bahkan dengan berbekal kain basah saja

Kekurangan meja tamu aquarium:

  • Harga relatif mahal
  • Rawan pecah (Dapat diatasi dengan memilih material terbaik / cover permukaan dengan mengkombinasikan bahan kaca dan kayu).
  • Boros listrik
  • Perawatan aquarium membutuhkan proses cukup lama dan sedikit sulit
  • Ikan memerlukan perhatian intensif
  • Kurang praktis karena memiliki bobot berat

Tips Memilih Meja Aquarium

Meja aquarium memang belum begitu familiar di Indonesia. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan membeli atau memesan produk tersebut. Apalagi, dari sisi budget juga terbilang cukup fantastis, karenanya jangan sampai mengecewakan.

Meja Aquarium Rangka Kayu
thereeftank.com

Di bawah ini adalah beberapa tips memilih aquarium table untuk pemula:

  • Tentukan Material Produk

Meskipun secara umum aquarium terbuat dari material kaca. Namun, bahan rangka, frame, dan ornamen bawaannya sangat variatif. Karenanya, pilihlah material berkualitas bagus, kokoh, tahan lama, dan tampak stylish, contohnya besi, baja, kayu, aluminium, dsb.

  • Pilih Desain Sesuai Interior Ruang Tamu

Ada beragam desain model aquarium table yang bisa dijadikan referensi, mulai dari kubus, oval, lingkaran, segitiga, persegi, dst. Supaya tampak match dan menyatu dengan desain interior ruangan, sebaiknya sesuaikan model produk dengan konsep ruang tamu Anda.

  • Pertimbangkan Ukuran

Pada ruang tamu minimalis, dianjurkan memilih ukuran aquarium table minimalis pula. Dengan begitu, meja tidak akan terlalu mendominasi space yang mengakibatkan ruang tamu terlihat penuh. Selain itu ukuran yang tidak tepat dapat mengurangi nilai keindahan aquarium.

  • Pertimbangkan Jenis Ikan Hias yang Ingin Dipelihara

Supaya kehidupan dalam aquarium terlihat selaras dengan nuansa yang ingin diciptakan pada ruangan, sebaiknya pilihlah jenis ikan hias yang akan dipelihara. Selain itu, pastikan warna ikan juga senada dengan konsep, supaya kesan indah tampak semakin menonjol.

Bagi pecinta aquarium, maka menggunakan meja aquarium bisa menjadi solusi terbaik untuk memperindah ruang tamu dengan menghadirkan objek hobi secara real. Di sisi lain, menghadirkan meja aquarium dijamin akan membuat siapa saja betah berlama-lama berkunjung ke rumah Anda.