Rumah Panggung Minimalis Modern

Seiring perkembangan zaman, rumah panggung yang merupakan hunian adat Suku Melayu juga semakin diminati. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari fungsi proteksi yang ditawarkan oleh rumah panggung. Selain itu, selain bernilai seni, rumah adat juga memiliki nilai komersial yang tinggi.

Saat ini pembangunan rumah panggung bukan hanya sebatas di area pedesaan, perairan, atau tempat dimana Suku Melayu bermukim saja. Namun, rumah panggung juga mulai lazim ditemukan di kota besar, sebab dianggap memiliki karakteristik dan artistik yang khas dan mengagumkan.

5 Ide Desain Model Rumah Panggung

Apabila Anda tertarik untuk membangun rumah panggung, namun belum mendapatkan ide mengenai desain yang sesuai, maka beberapa desain model di bawah ini dapat dijadikan pertimbangan:

  1. Rumah Panggung Minimalis Putih Elegan
Rumah Panggung Minimalis Putih Elegan
banidea.com

Hadir dengan warna serba putih dengan paduan jendela kaca membuat hunian tampak lebih bersih, rapi, dan elegan. Apalagi, material yang digunakan adalah kayu dan disusun secara vertikal sehingga menghadirkan suasana adem, dan sedap dipandang mata.

  1. Rumah Panggung Minimalis 2 Lantai Bergaya Klasik
Rumah Panggung Minimalis 2 Lantai Bergaya Klasik
slanth.com

Mengaplikasikan warna coklat kayu memang dijamin akan membuat rumah tampak panggung tampak begitu klasik. Sementara paduan jendela kaca berwarna hitam mempertegas kesan minimalis, sehingga rumah minimalis tampak lebih apik.

  1. Rumah Panggung Minimalis Modern
Rumah Panggung Minimalis Modern
concepthome.com

Meskipun mengusung konsep sederhana, namun penggunaan tangga kayu dengan cat rumah di dominasi putih, dan jendela kaca hitam memberikan kesan lebih modern kekinian. Terlebih lagi dengan adanya teras mungil yang dapat difungsikan sebagai tempat bersantai.

  1. Rumah Panggung Minimalis Elegan
Rumah Panggung Minimalis Elegan
hipages.com.au

Penggunaan material kayu yang di cat putih dengan list biru mempertegas unsur elegan rumah panggung. Penerapan jendela kaca minimalis, dan pintu kaca berpandel kayu coklat menambah kesan cantik nan elegan dari rumah panggung.

  1. Rumah Panggung Tradisional Modern
Rumah Panggung Tradisional Modern
studioa-architectes.wixsite.com

Kombinasi material kayu berwarna coklat dan besi hitam memang menciptakan suasana tradisional modern pada rumah panggung. Siapa sangka kalau kedua warna gelap tersebut dapat menghadirkan kesan begitu klasik dan kuno, sekaligus modern pada saat yang sama.

Tips Membangun Rumah Panggung Kayu

Sebelum Anda membangun rumah panggung, perhatikan dulu beberapa tips di bawah ini:

  • Memilih Lokasi

Jika Anda hendak membangun rumah panggung di daerah rawan banjir, sebaiknya perhatikan kualitas tanah yang akan dijadikan tapak dimana pondasi akan didirikan. Pastikan kalau tanah mampu menyerap air secara baik untuk menghindari terjadinya longsor.

  • Membangun Fondasi

Bangunan rumah panggung tidak selalu harus tinggi. Bahkan, Anda dapat membuat rumah panggung dengan ketinggian 1 m saja dari permukaan tanah. Sebab intinya adalah, yang penting pondasi lebih tinggi dibandingkan rata-rata tinggi air ketika sedang hujan atau banjir.

  • Memilih Material Kayu Terbaik

Pemilihan bahan atau material merupakan hal paling penting untuk membangun hunian panggung. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda memilih jenis kayu terbaik untuk diaplikasikan. Dengan begitu, maka rumah lebih aman dan nyaman saat dihuni.

  • Mengatur Sistem Kelistrikan

Jika rumah dibangun pada lokasi rawan banjir, Anda harus benar-benar mempertimbangkan sistem kelistrikan. Jangan sampai slot listrik berada di tempat yang berpotensi terkena air. Untuk lebih jelas, Anda bisa mendiskusikannya dengan arsitek atau kontraktor.

  • Merancang Desain Rumah

Meskipun Anda hendak membangun rumah panggung, namun bukan berarti tidak dapat mengaplikasikan desain berbeda. Anda dapat berkreasi dan menerapkan desain sesuai keinginan sehingga rumah kelihatan lebih hidup dan berwarna.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Panggung

Sebagaimana bangunan rumah pada umumnya, rumah panggung juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, penting untuk memahami kedua hal tersebut apabila Anda berencana membangun sebuah rumah panggung, baik di lingkungan urban, maupun pedesaan.

Kelebihan rumah panggung:

  • Anti Banjir

Karena letaknya tinggi, otomatis rumah panggung dapat menjadi solusi anti banjir. Jadi, cocok sekali apabila diaplikasikan pada daerah rawan banjir, seperti di tepi kali, rawa, laut, persawahan, dan sebagainya yang memang berpotensi terserang banjir.

  • Halaman Lebih Luas

Di rumah konvensional, umumnya halaman hanya meliputi area sekitarnya. Namun, pada rumah panggung Anda akan mendapat space halaman tambahan, yaitu bahwa rumah. Jadi, bagian bawah rumah dapat difungsikan sebagai gudang, tempat bermain, dsb.

  • Tahan Gempa

Rumah panggung terkenal tahan akan guncangan gempa, khususnya jika menggunakan konstruksi material kayu maupun bambu. Kedua bahan tersebut memiliki sifat elastis sehingga dapat menahan berbagai guncangan dengan sangat baik.

  • Aman dari Serangan Binatang Buas

Bagi yang tinggal di area pedesaan, khususnya dekat hutan, sudah pasti merasa khawatir kalau sewaktu-waktu akan diserang binatang buas. Namun, dengan membangun rumah yang lebih tinggi, Anda akan lebih aman saat menghuni rumah.

  • Lebih Sejuk

Pada rumah panggung terdapat ventilasi tambahan yang terletak di lantai. Hal ini memungkinkan udara dapat mengalir keluar masuk ke dalam rumah dari bagian mana saja. Jadi, bagian dalam rumah terasa lebih adem dan nyaman dihuni.

  • Kesan Tradisional Sangat Kuat

Rumah panggung memang memiliki nuansa tradisional sangat kental, tidak peduli material apapun yang Anda gunakan dalam konstruksi. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan kalau di berbagai tempat wisata dapat ditemukan penginapan bergaya rumah panggung.

Kekurangan rumah panggung:

  • Membutuhkan Struktur Penopang Lantai

Supaya rumah dapat berdiri kokoh, maka dibutuhkan penopang yang dapat menyangga beban di atasnya sehingga stabilitas tidak terganggu. Khususnya apabila Anda tinggal di area perairan, maka harus cermat dalam memilih penopang yang akan diaplikasikan.

  • Proses Pembangunan Lebih Rumit

Dibandingkan membangun rumah konvensional, pembangunan rumah panggung memang terkesan lebih sulit sebab membutuhkan perhitungan yang tepat. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan stabilitas di kemudian hari.

  • Berpotensi Menimbulkan Masalah Privasi

Apabila tidak difungsikan dengan baik, maka space kosong di bawah rumah bisa saja dimanfaatkan oleh pihak jahil untuk stalking kegiatan Anda melalui celah lantai maupun dinding. Karenanya, pilihlah material lantai dan dinding yang tertutup secara keseluruhan.

10 Item untuk Menunjang Rumah Panggung Kayu

Untuk mempercantik interior rumah panggung Anda, maka 10 item ini wajib ada di dalam rumah:

  • Karpet bulu berwarna cream untuk menghadirkan kesan hangat dalam ruangan.
  • Rak kayu berwarna senada dengan cat tembok untuk menambah nilai artistik interior.
  • Vas bunga dengan warna candy sebagai lambang keceriaan.
  • Mengaplikasikan lampu gantung bergaya victorian untuk menambah kesan elegan.
  • Gantungkan lukisan artistik sesuai keinginan Anda untuk menghilangkan kesan monoton.
  • Cermin antik dengan frame berukir berukuran besar diletakkan di ruang keluarga.
  • Gallery walll untuk memberikan sentuhan modern di rumah Anda.
  • Tambahkan furniture set sofa minimalis berwarna pastel.
  • Pada bangunan konsep alami, sebaiknya aplikasikan gorden tipis bergaya vintage.
  • Kitchen set minimalis modern berwarna senada dengan cat tembok rumah.

Rumah panggung minimalis dapat menjadi alternatif solusi bagi Anda yang mendambakan memiliki hunian tradisional, dengan konsep etnik, namun dapat dikombinasikan unsur modern. Agar kesan Melayu klasik semakin terasa, maka dianjurkan menggunakan material kayu terbaik.

Nah itulah informasi lengkap terkait Rumah Panggung, semoga bermanfaat ya!