Jendela Nako

Mendengar kata jendela nako mungkin mengingatkan Anda tentang masa kecil atau jendela bertingkap pada bangunan jadul. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat kaca nako hadir sejak lama dan eksistensinya  cukup baik hingga sekarang dalam bentuk jendela nako modern.

Jendela unik ini dapat dipasang di berbagai ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, hingga dapur. Namun seiring perkembangan zaman, terciptalah berbagai macam desain yang menarik dan bahkan dijadikan sebagai spot foto di beberapa tempat.

Inspirasi Desain Jendela Nako Modern

Bentuk yang paling umum adalah persegi panjang dengan rangka yang terbuat dari besi atau kayu. Jendela yang juga biasa disebut sebagai jendela krepyak ini memiliki beberapa model dan beragam harga di pasaran.

  1. Kombinasi Jendela Kaca Nako dan Jendela Kaca Mati
Kombinasi Jendela Kaca Nako dan Jendela Kaca Mati
dwell.com
Kombinasi Jendela Kaca Nako dan Jendela Kaca Mati Letter L
futuristarchitecture.com

Kaca yang dipasang paten pada kusen dipadukan dengan jendela kaca nako memberi kesan elegan pada rumah Anda. Jendela kaca mati memang biasa difungsikan sebagai pendamping model jendela lain, salah satunya jendela nako modern. Kombinasi dua jendela setinggi atap ini bisa Anda pasang di ruangan depan maupun di kamar.

Dengan kaca nako berdaun lebih diatas 10 ini, ruangan bisa mendapat sinar matahari dan sirkulasi udara yang maksimal. Umumnya, harga jendela nako dengan material besi dan memiliki lebih dari 10 daun (13 daun) adalah 260 ribu rupiah di pasaran.

Jendela Nako untuk Kamar Mandi
design-milk.com
  1. Nako Altair Louvre Aluminium
Nako Altair Louvre Aluminium
homeimprovementpages.com.au
Nako Altair Louvre Aluminium Full Dinding
news.domain.com.au

Rangka Jendela nako umumnya memang berbahan besi atau kayu. Tapi ada pula yang terbuat dari bahan aluminium. Model jendela ini memberikan beberapa keuntungan untuk Anda yang tidak didapatkan dari jendela lain.

Kusen yang terbuat dari aluminium juga tahan rayap dan anti air sehingga lebih awet. Selain itu, aluminium bersifat anti lapuk dan anti karat, atau bahkan keropos. Anda juga tetap dapat mengaplikasikan warna cat sesuai keinginan agar terlihat lebih indah.

Jendela nako modern tanpa kombinasi dengan ukuran penuh ini selain bisa dipasang di ruang tamu, dapat juga dijadikan partisi ruangan rumah Anda. Bisa juga diterapkan di area rumah yang dekat dengan taman.

  1. Jendela Nako dengan Kusen Kayu dan Kaca Gelap
Jendela Nako dengan Kusen Kayu dan Kaca Gelap
tuin.co.uk

Rumah Anda akan terkesan hangat dengan adanya jendela nako berbingkai kayu dan warna kaca yang gelap. Desain jendela yang manis sangat cocok jika dipadukan dengan lantai dari kayu. Dengan tembok, lantai, dan kerangka jendela dari kayu, rumah terlihat sangat natural dan segar.

Warna lantai kayu yang sebenarnya cukup kontras dengan rangka jendela namun selaras dengan kacanya, tetap terlihat harmonis dan semakin menonjolkan bentuk jendela nako modern dengan ciri khasnya.

  1. Jendela Nako dengan Kusen Kayu dan Kaca Terang
Jendela Nako dengan Kusen Kayu dan Kaca Terang
archilovers.com

Desain nako yang satu ini mengelilingi seluruh ruangan namun tidak dengan ketinggian penuh dari lantai hingga atap. Model ini menciptakan kesan ruangan yang unik. Warna kaca yang cerah membuat sinar matahari dapat masuk dan ruangan terasa hangat namun sejuk karena tetap mendapat sirkulasi udara.

  1. Jendela Nako dengan Kerangka Gelap
Jendela Nako dengan Kerangka Gelap
homestolove.com.au

Warna rangka jendela nako modern yang gelap cocok digunakan untuk rumah dengan desain minimalis. Anda juga dapat menerapkannya di berbagai ruangan karena warnanya yang gelap tidak akan kontras dengan elemen ruangan yang lain.

  1. Jendela Nako Dengan Pintu di Bagian Tengahnya
Jendela Nako Dengan Pintu di Bagian Tengahnya
doorshop.com.au

Desain ini sangat praktis yaitu sebuah kerangka kayu berisikan satu pintu yang diapit oleh dua jendela nako. Dikelilingi tembok rumah berwarna putih, model nako ini terlihat sangat estetis dan menawan serta dapat menjadi pusat perhatian. Rumah Anda terlihat modern namun juga terdapat sentuhan nuansa natural.

Manfaat Kaca Nako Untuk Rumah

Selain memiliki bentuk yang cukup unik, jendela nako modern dapat memberikan supply udara untuk rumah Anda. ada berbagai macam model jendela nako yang bisa Anda pilih. Kaca nako memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan kaca jendela pada umumnya.

Jendela Nako 3 Ukuran Besar
pinterest.com/courtneyannmccarty
  • Memaksimalkan Ventilasi Udara

Kaca nako modern didesain sedemikian rupa agar bisa dibuka secara praktis dan memberi sirkulasi udara untuk ruangan. Udara dari luar dapat mengalir dengan leluasa sehingga menjadikan ruangan lebih sejuk dan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan.

  • Cocok untuk Area Rumit

Kaca nako bisa dipasang di bagian yang lebih tinggi atau sudut rumah tanpa harus dibuka atau ditutup secara berkala. Anda hanya perlu menarik tuasnya dan membukanya dengan lebar sesuai keinginan. Dengan begitu Anda sudah tidak perlu repot memasang unit ventilasi. 

  • Mudah Dibersihkan

Kaca jendela nako modern dapat dibuka tutup secara serempak dan mudah dibersihkan dari dalam ruangan tanpa harus keluar untuk membersihkan sisi lain kaca seperti jendela pada umumnya. Jangan lupa untuk membersihkan kerangkanya juga agar tidak macet saat dibuka tutup.

  • Pilihan Material Luas

Ada berbagai jenis kaca pendamping untuk jendela nako mulai dari yang bening hingga yang berwarna. Terdapat pula model jendela patri dengan kaca buram yang dapat dijadikan sebagai penyekat ruangan untuk urusan privasi Anda agar terasa lebih nyaman sembari menikmati udara segar dan tetap merasa aman.

  • Praktis

Jendela kaca nako sangatlah praktis karena tidak akan mengganggu area di depannya ketika dibuka. Apalagi jika posisi jendela rumah Anda bersebelahan dengan rumah tetangga. Selain it, bentuknya yang simple juga mudah disesuaikan dengan berbagai tema desain interior.

Jendela Nako Simple
pinterest.com/sues157

Memasang Jendela Nako Manual

Jendela nako modern bisa Anda beli dalam bentuk satu kesatuan. Namun tak jarang juga ada yang dijual terpisah dan bisa Anda pasang sendiri. Tidak sulit untuk memasangnya, jika Anda merasa butuh bantuan, pasanglah dengan bantuan tukang.

Pertama, siapkan area jendela. Nako bisa Anda pasang dengan atau tanpa kayu. Perhatikan bilah kanan dan kirinya serta ketinggiannya, pastikan sejajar dan jaga agar setara. Sekrup bilah kanan dan kiri ke kusen pada dinding jendela. Selipkan kaca ke rangka yang sudah ada dan pastikan agar terkunci di tempatnya.

Jendela Nako Serba Putih
breezway.com.au

Jendela nako memang memberi kesan tradisional apalagi yang terbuat dari kayu. Namun dengan adanya berbagai macam model jendela nako modern, jika Anda pandai menyelaraskan dengan desain rumah Anda, akan menciptakan sebuah hunian yang estetik dan menarik.