Jendela Aluminium Minimalis

Jendela aluminium minimalis memang kerap dijadikan alternatif solusi dalam konstruksi bangunan. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena material aluminium memang terkenal awet meskipun diaplikasikan pada berbagai kondisi ruang, baik itu panas, maupun lembab dan basah.

Untuk hunian minimalis, jendela aluminium dapat menjadi pilihan terbaik. Sebab jendela jenis ini memiliki desain sederhana, namun modern dan elegan. Wajar saja jika banyak pihak yang memilih jendela dari material aluminium untuk diaplikasikan pada bangunan rumah, maupun perkantoran.

Model Jendela Aluminium

Jendela aluminium terdiri atas beberapa jenis atau model yang dapat memudahkan calon pembeli untuk memilih berdasarkan kebutuhan ruang dan keinginannya. Di bawah ini adalah beberapa model yang ada di pasaran dan dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli.

  1. Model Geser
Jendela Aluminium Model Geser
cherwellwindows.co.uk

Jendela aluminium model sliding window memiliki ukuran lebih besar, dengan kaca luas. Model geser ini bisa digunakan sebagai jendela di berbagai ruangan, seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi, maupun sekat antara ruang tamu dan ruangan lain.

  1. Fixed Window
Jendela Aluminium Fixed Window
alcircle.com

Umumnya jendela aluminium model fixed window ini diaplikasikan pada bagian dinding lebih tinggi. Tujuannya tidak lain adalah untuk membiaskan cahaya ke seluruh ruangan. Model ini memiliki karakteristik berupa tidak adanya celah yang berfungsi sebagai sirkulasi udara.

  1. Model Bi-Fold Window
Jendela Aluminium Model Bi-Fold Window
voltrange.com

Bi fold window terdiri atas dua bentuk, yaitu vertikal dan horizontal. Pemasangan model bi fold akan menambah kesan modern kekinian pada hunian Anda. Namun, untuk perumahan di kawasan negara tropis, sebaiknya mengaplikasikan bi fold vertikal.

  1. Model Motif Kayu
Jendela Aluminium Model Motif Kayu
aluminium-solutions.co.uk

Perlu diketahui, bahwa warna kusen pada jendela aluminium tidak harus fokus pada silver saja. Anda juga bisa mengubahnya sehingga tampak seperti terbuat dari bahan kayu. Namun, pemilihan cat juga harus disesuaikan agar terlihat match.

  1. Model Casement Window
Jendela Aluminium Model Casement Window
sternfenster.com

Jendela jungkit aluminium biasanya mengusung dua arah bukaan, yakni atas dan bawah. Namun, pada dasarnya fungsi dan cara membukanya tetap sama. Model casement pernah sangat populer di era 80-an, sehingga akan menimbulkan kesan klasik pada hunian Anda.

  1. Model Minimalis
Jendela Aluminium Model Minimalis
slkservices.co.uk

Bagi yang menyukai tampilan ruang rapi dan modern, maka bisa memasang jendela aluminium minimalis. Supaya tampak lebih apik, Anda dapat menambahkan beragam dekorasi sederhana, misalnya tirai gulung dari bahan rotan berwarna coklat muda.

Standar Ukuran dan Perkiraan Harga Jendela Aluminium

Jendela aluminium memang seolah menjadi pilihan kedua selain jendela kayu. Selain terbuat dari material anti rayap dan anti keropos, jendela dari bahan aluminium juga lebih awet, dan bisa di custom atau dipesan sesuai dengan keinginan pemesannya. Tidak heran kalau begitu diminati.

Secara umum, kusen jendela aluminium tersedia dalam 2 ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Di bawah ini adalah ukuran frame dan penjelasan lebih detailnya:

  1. Ukuran 3 Inch
    Kusen aluminium ukuran 3 inch memiliki dimensi, mulai dari 3.8 cm – 7.6 cm, dengan panjang standar pabrik, yakni maksimal 6 m. Ukuran tersebut berlaku untuk semua merek kecuali Ykk, karena merek tersebut menghadirkan size lebih kecil, yaitu 3,5 cm x 7 cm.
  1. Ukuran 4 Inch
    Size standar kusen aluminium selanjutnya adalah 4 inch, mulai dari 0.5 cm – 1 m. Sedangkan pada brand Ykk, ukurannya lebih kecil dibandingkan standar umum, yakni 4 cm x 9 cm.

Sementara itu, harga pasaran untuk frame, kaca maupun paket lengkap jendela aluminium sangat beragam. Apalagi, setiap merek biasanya memiliki tag price berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum memesan sebaiknya Anda memiliki referensi harga yang dapat dijadikan acuan.

Di bawah ini adalah perkiraan harga jendela aluminium (kusen dan kaca) terbaru:

Tipe JendelaUkuranDimensi Kaca PolosHarga
Casement Silver60 cm x 120 cm5 mmRp. 423.500
Casement Coklat60 cm x 120 cm5 mmRp. 476.500
Sliding Silver60 cm x 120 cm5 mmRp. 451.500
Sliding Coklat60 cm x 120 cm5 mmRp. 501.000

Referensi harga kusen jendela aluminium:

Brand Kusen AluminiumUkuranHarga
ALEXINDO3 inchRp. 56.000 – silver
Rp. 76.000 – black
Rp. 76.000 – brown
ALEXINDO4 inchRp. 76.000 – silver
Rp. 86.000 – black
Rp. 86.000 – brown
SUPEREX3 inchRp. 91.000 – silver
Rp. 101.000 – black
Rp. 101.000 – brown
SUPEREX4 inchRp. 102.500 – silver
Rp. 112.500 – black
Rp. 86.500 – brown
YKK3 inchRp. 101.000 – silver
Rp. 121.000 – black
Rp. 121.000 – brown
YKK4 inchRp. 121.000 – silver
Rp. 151.000 – black
Rp. 151.000 – brown

Kelebihan dan Kekurangan Jendela Aluminium

Sebagaimana produk kusen jendela dari material lain, jendela aluminium juga memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi pembeli untuk mengetahuinya, sehingga bisa mempertimbangkan apakah jendela aluminium cocok diaplikasikan pada bangunan rumah.

Kelebihan jendela aluminium:

  • Perawatan Lebih Mudah

Dibandingkan jendela dari bahan lain, jendela aluminium memang lebih mudah dalam perawatan sebab tidak membutuhkan perlakuan khusus. Saat kotor, maka tinggal dibersihkan menggunakan kain basah. Jadi, proses pembersihannya memang cepat dan praktis.

  • Bobot Ringan

Jendela aluminium memiliki bobot lebih ringan, sehingga Anda tidak harus khawatir jika tembok akan mengalami keretakan sebab terbebani bobot jendela. Di samping itu, proses pemasangan atau renovasi jendela ini juga akan lebih hemat tenaga dan waktu.

  • Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Bahan aluminium terkenal memiliki ketahanan tinggi dalam menghadapi perubahan iklim, dan tidak akan mengalami penyusutan meskipun cuaca sedang ekstrem.

  • Anti Rayap

Dengan mengaplikasikan jendela aluminium, maka Anda tidak harus khawatir kalau strukturnya akan keropos digerogoti rayap. Selain itu, jendela aluminium juga aman dipasang di tempat lembab, seperti ruang cuci dan kamar mandi karena tidak mudah keropos.

  • Harga Terjangkau

Apabila dibandingkan jendela dari material besi dan kayu, harga jendela aluminium memang bisa dibilang lebih murah. Tidak mengherankan kalau banyak dijadikan solusi untuk menghemat budget membangun rumah. Apalagi, kualitasnya juga mumpuni.

Kekurangan jendela aluminium:

  • Proses Pemasangan Rumit

Mengaplikasikan jendela aluminium umumnya dilakukan dengan sistem fischer sehingga membutuhkan proses tidak sebentar. Selain itu, pemasangan juga harus dilakukan profesional sehingga menghindari kemungkinan kerusakan tembok saat melakukan fischer.

  • Ukuran Harus Akurat

Berbeda dengan jendela kayu yang kalau ukurannya kekecilan masih bisa ditoleransi, pada jendela aluminium ukuran antara kusen jendela dan lubang pada dinding harus akurat. Jika tidak sesuai, maka akan meninggalkan lubang mengganggu dan menyebabkan kebocoran.

  • Variasi Bentuk Terbatas

Jendela aluminium memang tidak mempunyai variasi bentuk terbatas sehingga tampilannya cenderung terlihat membosankan, tidak seperti jendela kayu yang dapat diukir pola tertentu.

Jendela aluminium minimalis umumnya memiliki warna dasar silver. Namun, terdapat beberapa pilihan warna cukup variatif yang dapat Anda pilih, mulai dari coklat, hitam, putih, hingga motif serat kayu. Dengan mengaplikasikan warna yang match, maka hunian Anda akan tampak lebih menarik.

Itulah penjelasan lengkap tentang Jendela Aluminium, bisa digunakan untuk bahan pertimbangan saat ingin membangun rumah, semoga bermanfaat ya!