Tanaman Hias dalam Rumah

Kehadiran tanaman hias dalam rumah bukan hanya berfungsi untuk mempercantik hunian, akan tetapi juga memberikan aura fresh dan positif. Selain itu, beberapa jenis tanaman juga terbukti mampu membawa manfaat positif, seperti mengusir nyamuk dan menenangkan pikiran, misalnya.

Dari segi kesehatan, tanaman yang ditanam indoor akan membantu membersihkan udara serta menetralisir zat kimia berbahaya pada udara di dalam rumah. Hal tersebut dikarenakan akar dan tanah berperan sebagai penyerap karbon dioksida. Jadi, kesehatan penghuni rumah lebih terjaga.

8 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Ditanam di dalam Rumah

  1. Monstera Obliqua
Monstera Obliqua
homedeco.nl

Tanaman yang lebih dikenal dengan nama janda bolong ini memang masih ngehits sampai sekarang. Memiliki tampilan daun bolong-bolong yang unik, janda bolong akan sukses membuat ruangan Anda tampak cantik, segar, dan artistik. Apalagi dipadukan tanaman lain.

  1. Monstera Rhaphidophora dan Philodendron
Monstera Rhaphidophora dan Philodendron
instagram.com

Dua jenis tanaman yang sedang hits ini juga bisa menjadi alternatif ditanam indoor. Anda dapat mengkombinasikannya dengan tanaman lain serta tumbuhan rambat untuk menambah kesan alami. Supaya tampak matching, jangan lupa aplikasikan perabot kayu bertema klasik.

  1. Philodendron Lynette
Philodendron Lynette
thedesignfiles.net

Perpaduan daun kipas atau Philodendron Lynette dengan sirih cina dan beberapa tanaman sejenis akan menghadirkan nuansa alami dalam ruang baca. Dikombinasikan dengan furniture kayu, maka ruangan akan terasa lebih klasik, fresh, dan pastinya menenangkan.

  1. Palem Regu dan Sansevieria
Palem Regu dan Sansevieria
airows.com

Kombinasi palem regu, lidah mertua, dan lidah buaya bukan hanya akan memberikan kesan asri dan fresh dalam ruangan, namun juga memiliki khasiat besar bagi penghuninya. Lidah mertua dan palem terkenal ampuh menyerap zat kimia, seperti formaldehid dan xylene.

  1. Pohon Eucalyptus
Pohon Eucalyptus
rikkegraffjuel.com

Tanaman Eucalyptus (Minyak kayu putih) juga bisa ditanam di ruangan. Untuk menghadirkan kesan minimalis modern, aplikasikan dinding kaca, lalu beri space khusus tanaman lain. Perpaduan elemen natural dan modern akan membuat ruangan lebih eye catching.

  1. Pohon Lemon Mini
Pohon Lemon Mini
bobedre.dk

Menanam lemon dalam pot di area kabinet dapur akan memberikan kesan sejuk, sekaligus Anda dapat menikmati buahnya. Bagian area atas yang kosong juga bisa diberi rak tempat meletakkan tanaman hias, seperti bunga-bunga agar tampak lebih berwarna dan ceria.

  1. Sirih Gading
Sirih Gading
vivadecora.com.br

Tanaman gantung sirih gading bisa menjadi alternatif solusi mempercantik ruang tamu. Memiliki bentuk daun unik, tanaman hijau ini sangat match kalau dipadukan ruangan bertema klasik atau vintage sehingga menciptakan nuansa lebih dan relaxing saat dipandang.

  1. Anthurium Jemani Mangkok
Anthurium Jemani Mangkok
mykukun.com

Ingin kamar tidur terasa lebih fresh dan menenangkan? Anda dapat menghadirkan Anthurium Jemani di dalam ruangan minimalis. Selain memberikan kesan asri, tanaman hias simple ini juga akan membantu mengoptimalkan proses pembersihan udara kotor dalam ruangan.

Tips Memilih Tanaman Indoor

Perlu diketahui, bahwa tidak semua jenis tanaman akan cocok dipelihara di dalam rumah. Bagi yang berencana memiliki tanaman indoor, maka perhatikan beberapa hal ini sebelum membeli:

  • Pilih Tanaman Sesuai Jenis

Tanaman hias dikelompokkan atas 2 jenis, yakni berbunga dan tanpa bunga. Jika ingin memelihara tanaman berbunga, maka pilihlah yang colorful dan beraroma harum. Sedangkan untuk tanaman tanpa bunga, Anda bisa memilih berdasarkan corak dan bentuk daun.

  • Sesuaikan Daya Tahan Tanaman dengan Kondisi Suhu Rumah

Tidak semua jenis tanaman dapat bertahan dalam ruangan yang suhunya cenderung teduh. Beberapa tanaman hanya bisa hidup dan tumbuh dengan baik apabila berada di bawah sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, Anda harus pintar memilih jenis tanaman yang tepat.

  • Ukuran Tanaman Disesuaikan dengan Letak Penempatan

Saat membeli tanaman, pastikan sudah mengetahui dimana tanaman tersebut akan ditempatkan nantinya. Apabila ingin diletakkan pada rak minimalis, maka sudah pasti harus membeli tanaman berukuran kecil. Sedangkan untuk area luas pilihannya lebih fleksibel.

  • Perhatikan Waktu dan Arah Pertumbuhan

Setiap tanaman mempunyai waktu pertumbuhan beragam. Ada jenia tanaman yang proses pertumbuhannya cepat, dan ada juga yang sangat lama. Dari setiap jenis tersebut, Anda harus memberikan perhatian khusus, terutama tanaman yang tumbuhnya cepat.

  • Jangan Melupakan Fungsi Utama Tanaman

Meskipun hakikat tanaman hias adalah sebagai hiasan, namun apabila diletakkan di ruangan perannya berubah menjadi ganda, yakni sekaligus membersihkan udara. Karenanya, supaya fungsi utama tidak hilang, maka carilah tanaman yang memiliki tampilan fisik menawan.

Panduan Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Perawatan tanaman yang diletakkan dalam ruangan, tentu berbeda dengan yang ada di luar rumah. Supaya tanaman tumbuh subur dan tetap terlihat cantik meskipun berada di ruangan, ada beberapa panduan merawat tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk pemula.

  • Memilih Media Tanam

Tanaman indoor umumnya ditanam di media yang sedikit menyerap air supaya tidak basah. Untuk menjaga kelembaban dibutuhkan media tanam dengan karakter porous dari material, seperti sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis, ditambah humus dan pupuk kandang.

  • Memperhatikan Frekuensi Penyiraman

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat bertahan pada kondisi tanah kering. Namun, untuk tanaman berbunga biasanya membutuhkan tanah lebih lembab. Dengan mengetahui karakter dan kebutuhan air masing-masing tanaman, Anda bisa membuat jadwal penyiraman.

  • Mempertimbangkan Pencahayaan

Apabila ingin meletakkan tanaman di dekat jendela, usahakan tanaman berada setidaknya pada jarak 25 cm dari sisi jendela dan pastikan mendapat suplai cahaya matahari cukup. Jadi, tanaman tetap mendapatkan cahaya untuk mendukung pertumbuhannya.

  • Pemilihan Wadah

Untuk menonjolkan fungsi dekoratif tanaman, Anda bisa memilih wadah / pot yang eye catching. Saat ini ada berbagai macam material pot yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, diantaranya adalah pot kaca transparan dengan hidrogel sebagai media tanamnya.

  • Membasmi Hama Tanaman

Sudah menjadi hal lumrah kalau tanaman rawan terserang berbagai hama, seperti jamur, serangga, ulat, hingga virus penyakit yang dapat merusak tanaman. Untuk menghindari tanaman mati, Anda perlu membersihkan debu di area batang dan daun secara rutin.

Manfaat Memelihara Tanaman di Dalam Rumah

Memelihara tanaman secara indoor faktanya memiliki beberapa manfaat positif, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan kualitas udara dengan menyerap racun yang menjadi penyebab polusi.
  • Menurunkan tingkat stress karena suasana menjadi lebih segar, sejuk, dan tenang.
  • Tanaman dapat mengurangi debu serta meningkatkan kelembaban udara yang bisa membantu menurunkan resiko alergi kambuh.
  • Konsentrasi dan fokus menjadi meningkat dengan tanaman hias indoor. Hal ini karena tanaman mampu menaikkan kadar oksigen yang dapat memperbaiki mood.
  • Mempercepat proses pemulihan karena memandang tanaman secara berkala dapat memberikan sugesti ketenangan pikiran.
  • Melembabkan udara.

Referensi Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Sedang mencari tanaman hias yang bukan hanya bernilai dekoratif namun juga dapat difungsikan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah? Beberapa tanaman di bawah ini adalah jawabannya!

  1. Lavender
  2. Rosemary
  3. Catnip
  4. Scented Geranium
  5. Mint

Menempatkan tanaman hias di dalam rumah bukan hanya akan mempercantik ruangan saja, tetapi juga memiliki manfaat lain untuk penghuninya. Pasalnya, setiap tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida yang mengotori udara, sehingga udara tetap fresh dan pikiran tenang.