Desain Kamar Tidur ala Korea

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar drakor? Tidak dapat dipungkiri, budaya Korea yang masuk ke Indonesia memang sangat mempengaruhi sebagian besar masyarakat. Mulai dari bidang musik, gaya berpakaian, arsitektur, hingga desain kamar tidur ala Korea mulai banyak diikuti masyarakat Nusantara.

Referensi Desain Kamar ala Korea

Setelah mengetahui karakteristiknya, apakah Anda tertarik untuk membuat kamar tidur yang nyaman ala drama Korea? Jika iya, mari simak beberapa referensi desain kamar tidur ala Korea di bawah ini:

  1. Gaya Kamar Mungil
Kamar Tidur Mungil ala Korea
girlstyle.com

Siapa bilang kamar ala Korea hanya bisa direalisasikan jika Anda memiliki lahan yang luas. Untuk mengoptimalkan kamar tidur yang sempit, Anda bisa mengaplikasikan gaya kamar mungil ala Korea. Kamar tidur ini sangat identik dengan kesederhanaan dan warna-warna netral.

  1. Gaya Kamar Futuristik
Kamar Tidur Futuristik ala Korea
collegefashionista.com

Berbanding terbalik dari desain kamar yang sebelumnya, Anda bisa mengaplikasikan gaya kamar futuristik ala Korea pada ruangan yang luas. Pada desain kamar ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat tidur sekaligus ruang kerja.

Berkat luasnya yang cukup besar, Anda bisa bergerak dengan leluasa. Agar lebih identik dengan kamar ala Korea, Anda bisa meminimalisir furniture yang ada. Cara ini diyakini mampu menciptakan kesan terbuka dan modern.

  1. Gaya Kamar Instagramable
Kamar Tidur ala Korea
weheartit.com

Apakah Anda termasuk anak gaul tahun 2000-an? Jika iya, Anda pasti sangat aktif di media sosial, khususnya Instagram. Ternyata, Anda bisa merealisasikan gaya kamar ala Korea yang Instagramable.

Ciri khas dari kamar ini adalah memadukan beragam warna netral yang memiliki nilai estetika. Selain itu, kamar ini juga dilengkapi dengan furniture lucu yang dapat menjadi spot foto menarik.

  1. Gaya Kamar Minim Furniture
Kamar Tidur Minim Furniture ala Korea
amzn.to

Selanjutnya, Anda bisa membuat kamar ala Korea bergaya simple yang minim furniture. Gaya ini sangat cocok bagi Anda yang menjunjung tinggi nilai praktis dan efisien. Berbeda dari yang lain, desain kamar ini cenderung mengutamakan nilai fungsi kamar, yakni sebagai tempat beristirahat.

  1. Gaya Kamar Minimalis
Kamar Tidur Minimalis ala Korea
id.pinterest.com/claireelise_

Anda dapat membuat kamar tidur minimalis ala Korea tanpa mengeluarkan budget yang banyak. Sebenarnya, kamar ini sekilas hampir sama dengan kamar tidur pada umumnya, yang membedakan hanyalah furniture di dalamnya. Untuk menambah suasana ala Korea, Anda bisa memasang hiasan dinding dan rak di atas ranjang.

  1. Gaya Kamar Elegan
Kamar Tidur Elegan ala Korea
id.pinterest.com/claireelise_

Pernahkah Anda terbayang rasanya bangun di pagi hari dengan sinar matahari? Jika iya, mungkin gaya kamar ala Korea ini cocok untuk Anda. Desain kamar yang satu ini memiliki jendela besar sebagai tempat pertukaran udara sekaligus cahaya matahari.

Biasanya, kamar ini memiliki ranjang yang rendah di sebelah jendela. Selain itu, Anda bisa menambahkan sofa empuk dan karpet bulu untuk bersantai atau mengerjakan tugas kelompok.

  1. Gaya Kamar Clean
Kamar Tidur Clean ala Korea
wattpad.com

Bagi Anda yang gemar penampilan clean dan rapi, desain kamar tidur ala Korea yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik. Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu bahwa kamar ini didominasi oleh warna putih. Untuk menambah nilai estetika, Anda bisa memberikan sedikit sentuhan warna coklat muda.

  1. Gaya Kamar Girly
Kamar Tidur Girly ala Korea
girlstyle.com

Jika Anda ingin memiliki kamar tidur ala Korea yang super feminin, gaya kamar yang satu ini dapat dijadikan sebagai referensi. Kamar ini didominasi dengan warna putih yang netral dan pink pastel yang menenangkan. Siapa saja yang berada di kamar ini pasti akan merasa betah dan nyaman.

  1. Gaya Kamar Industrial
Kamar Tidur Industrial ala Korea
amazon.com

Kebalikan dari kamar sebelumnya, gaya kamar industrial malah cenderung lebih tomboy atau memang didesain untuk laki-laki. Kamar ini sangat menjunjung tinggi nilai kesederhanaan. Hal ini bisa dilihat pada penggunaan furniture yang minimalis dan pemilihan warna yang monoton.

Karakteristik Kamar ala Korea

Masing-masing negara tentu saja memiliki ciri khas tersendiri dalam berbahagia hal, termasuk desain interior ruangan. Untuk mewujudkan kamar idaman, Anda harus mengetahui karakteristik kamar ala Korea terlebih dahulu. Berikut ciri-cirinya:

  1. Menggunakan Furniture Berbahan Kayu

Anda pasti sudah sering melihat di drama Korea jika kebanyakan furniture kamar tidur terbuat dari kayu. Penggunaan material kayu bisa Anda temukan pada rak buku, kabinet, meja, bahkan ranjang. Namun, pastikan Anda menggunakan warna kayu yang senada.

  1. Menggunakan Warna Netral

Dalam setiap kamar ala Korea, Anda pasti menemukan penggunaan warna-warna netral yang terang. Pasalnya, warna netral sangat cocok untuk dipadukan dengan dekorasi rustic. Selain itu, warna netral juga akan memberi kesan luas pada kamar tidur.

  1. Sedikit Furniture

Meskipun tidak wajib, tapi sebagian besar kamar ala Korea memiliki furniture yang sedikit. Pasalnya, poin utama dari kamar ala Korea adalah sederhana dan minimalis. Dengan begitu, kamar Anda akan terasa lebih lapang.

  1. Ada Kabinet

Hampir semua kamar ala Korea memiliki kabinet atau rak serbaguna. Kabinet dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang. Anda bisa menyesuaikan warna kabinet dengan tema kamar ala Korea Anda.

  1. Penggunaan Karpet Bulu

Di semua drama Korea yang pernah Anda tonton, pasti Anda melihat keberadaan karpet bulu dalam kamar. Selain mempercantik ruangan, karpet bulu juga berfungsi sebagai tepat untuk bersantai tanpa takut kotor. Gunakan karpet bulu yang lembut dengan warna-warna netral, seperti putih, beige, hitam, atau abu-abu muda.

Dekorasi yang Cocok

Dalam membuat desain kamar tidur ala Korea, Anda harus memasukkan dekorasi atau hiasan yang sesuai. Jika tidak, orang-orang yang berkunjung akan bingung, konsep apa yang diambil sebenarnya? Untuk menambah kesan Korea pada kamar Anda, silahkan beli dekorasi ini:

  • Rak buku, untuk menyimpan novel, majalah, kamus, koran, hingga buku pelajaran.
  • Karpet bulu, untuk tempat bersantai yang nyaman dan empuk.
  • Gantungan baju, untuk menambah kesan rapi pada kamar.
  • Lampu tidur karakter, sebagai hiasan dan pencahayaan di malam hari.
  • Bantal duduk yang lucu, diletakkan di pojok ruangan dengan cara ditumpuk.
  • Laci berbentuk klasik, untuk menjaga kesan minimalis.
  • Hiasan dinding, untuk menambah nilai estetika.
  • Cermin besar, untuk membuat ilusi ruangan terkesan lebih cerah.

Tips Mengubah Kamar Menjadi ala Korea

Dalam mengubah konsep dan desain kamar tidur ala Korea, Anda membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengubah kamar menjadi bergaya Korea:

  • Pilih warna netral atau pastel, seperti putih, beige, abu-abu, dan krem.
  • Gunakan furniture berbahan kayu dengan warna yang selaras.
  • Tambahkan lampu hias dengan berbagai bentuk yang unik.
  • Hiasi kamar dengan beragam boneka yang lucu.
  • Tambahkan hiasan pada dinding kamar berupa foto, lukisan, hingga quotes.
  • Pasang kabinet atau rak serbaguna.
  • Masukkan gantungan baju ke dalam kamar untuk menambah kesan clean.
  • Letakkan ranjang di samping jendela.
  • Gunakan jendela yang berukuran besar sebagai tempat pertukaran udara dan sinar matahari.
  • Letakkan kursi dan meja minimalis di dalam kamar, sofa juga dapat menjadi pilihan terbaik.

Kunci utama dari dekorasi kamar ala Korea hanyalah dua, yakni minimalis dan homey. Selain beberapa referensi gaya kamar ala Korea di atas, Anda bisa memilih banyak lagi di internet. Masing-masing desain tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Jika tertarik untuk membuat desain kamar tidur ala Korea, Anda bisa mulai dengan merapikan kamar. Setelah itu, cat kamar tidur Anda dan beli berbagai furniture yang dibutuhkan agar kamar tampak seperti di drakor.