Kusen Pintu Aluminium

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini telah hadir inovasi kusen pintu aluminium sebagai alternatif material kayu.  Selain hadir dalam balutan desain minimalis elegan, kusen dari bahan aluminium juga lebih awet dan tahan lama, selain itu perawatannya juga terbilang simpel.

Kusen atau frame adalah salah satu komponen terpenting pada pintu. Material kusen sangat menentukan bagaimana kualitas pintu nantinya. Oleh sebab itu, dalam memilih kusen sebaiknya tidak fokus pada desain, namun juga ketahananya. Apalagi, kalau ingin diaplikasikan sebagai pintu utama.

10 Model Kusen Pintu Aluminium Minimalis

  1. Kusen Aluminium Minimalis Kunci Putar
Kusen Pintu Aluminium Minimalis Kunci Putar
hometalk.com

Pintu dengan frame aluminium dan jendela kaca yang didominasi warna putih dan list hitam akan menghadirkan kesan minimalis modern. Dipadukan dengan jendela dan lantai berwarna abu-abu, kusen pintu ini cocok diaplikasikan sebagai ruang penghubung dalam suatu rumah.

  1. Kusen Pintu Minimalis Mix Tempered Grass in White
Kusen Pintu Aluminium Mix Tempered Grass in White
pinterest.com

Pemilihan kusen pintu berwarna serba putih memang akan menciptakan suasana lebih terang, luas, dan bersih sehingga cocok bagi pecinta konsep minimalis modern. Pintu model ini dapat dipasang sebagai pintu sekat antara ruang dapur dan ruang makan.

  1. Kusen Pintu Aluminium Kombinasi Kayu
Kusen Pintu Aluminium Kombinasi Kayu
pinterest.com

Perpaduan bahan aluminium yang terkesan stylish dan kayu berunsur klasik akan membuat hunian tampak lebih bernilai artistik. Apalagi, dilengkapi daun pintu dari bahan kaca transparan. Model pintu ini dapat dijadikan solusi pada ruang tamu Anda.

  1. Kusen Pintu Aluminium Geser Motif Kubik Hitam
Kusen Pintu Aluminium Geser Motif Kubik Hitam
amazon.com

Sliding door bermotif kubik dengan frame aluminium bisa jadi pilihan terbaik untuk pintu kantor atau ruang kerja. Kusen dengan warna hitam ini dapat dipadukan dengan konsep interior apa saja, misalnya dinding berwarna abu-abu muda untuk menambah kesan modern.

  1. Sliding Door Kubik in White
Kusen Pintu Aluminium Sliding Door Kubik in White
projets.cotemaison.fr

Pintu geser berwarna serba putih dikombinasikan dinding putih dan lantai kayu akan menciptakan suasana bersih dan apik. Jadi, sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan kerapihan. Sliding door aluminium ini cocok diaplikasikan sebagai pintu ruang tunggu.

  1. Double Swing Door Kaca
Kusen Pintu Aluminium Double Swing Door Kaca
atresliving.it

Siapa sangka double swing door kaca berkusen aluminium bisa membuat kamar tidur tampak lebih mewah dan elegan? Dipadukan dengan lantai dan furniture kayu berwarna soft, maka akan membuat bed room terlihat adem dan nyaman sehingga membuat betah.

  1. Double Sliding Door
Kusen Pintu Aluminium Double Sliding Door
admagazine.ru

Pintu geser double dapat menjadi inspirasi dipasang pada dapur minimalis Anda. Hadir dalam warna senada dengan cat dinding dan furniture, double sliding door dengan daun pintu kaca ini akan membuat ruangan tampak lebih modern, meskipun ukurannya mungil.

  1. Double Sliding Door Motif Kayu
Kusen Pintu Aluminium Double Sliding Door Motif Kayu
payne-renovations-design.com

Untuk menciptakan kesan klasik pada hunian Anda, maka double sliding door dengan motif kayu wajib masuk dalam list pilihan. Dengan paduan tempered glass transparan, maka keindahan ruang tamu akan terekspos dan tampak eksklusif saat dipandang.

  1. Double Folding Door
Kusen Pintu Aluminium Double Folding Door
homeworlddesign.com

Pintu lipat double bisa dijadikan pertimbangan untuk diaplikasikan sebagai penghubung antara ruang tamu menuju teras. Penerapan pola kubik sebagai kusen akan membuat kaca pada pintu tidak terlalu terlihat transparan Jadi, privasi penghuni rumah tetap terjaga.

  1. Triple Folding Door Motif Kubik
Kusen Pintu Aluminium Triple Folding Door Motif Kubik
estudiomatmata.es

Supaya ruang dapur tidak terlalu mencolok dan kegiatan masak memasak lebih nyaman, triple folding door bermotif kubik dapat menjadi solusi paling tepat. Pemilihan kusen aluminium berwarna hitam akan membuat ruangan tampak lebih indah dan elegan.

Harga Kusen Pintu Material Aluminium Berdasarkan Jenis & Standar Ukurannya

Sebelum memutuskan membeli atau memesan kusen pintu dari bahan aluminium, sebaiknya Anda sudah memiliki acuan standar harga agar lebih mudah mempersiapkan anggaran yang dibutuhkan. Umumnya, harga sangat di pasaran sangat dipengaruhi oleh merk dan ukuran kusen.

Di bawah ini adalah kisaran daftar harga kusen pintu bahan aluminium berdasarkan merk dan ukuran:

MerekSizeHarga Satuan Per m1
Alexindo3 InchRp. 96.500
Alexindo4 InchRp. 111.000
Alcomexindo3 InchRp. 96.500
Alcomexindo4 InchRp. 111.000
Alko3 InchRp. 86.500
Alko4 InchRp. 96.500
HP Metal3 InchRp. 91.000
HP Metal4 InchRp. 86.500

Sementara itu, di bawah ini adalah rincian harga model kusen pintu bahan aluminium + kaca:

TipeUkuranHarga
Dorma BTS 84 Swing Door Brown + Tempered Glass + Floor Hinge5 mmRp. 1.820.000
Swing Door  Silver + Tempered Glass + Floor Hinge5 mmRp. 1.460.000
Framless Door + Tempered Glass + Floor Hinge12 mmRp. 3.500.000
Framless Door + Tempered Rayban + Floor Hinge12 mmRp. 3. 460.000
Fitting Door + Tempered Glass + Floor Hinge12 mmRp. 3. 475.000
Fitting Door + Tempered Rayban + Floor Hinge12 mmRp. 4.480.000

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Pintu Aluminium

Tidak berbeda dengan material kayu, kusen dari bahan aluminium juga mempunyai keunggulan serta kelemahan yang harus diketahui oleh calon customer. Dengan begitu, maka posisi pintu aluminium dapat diletakkan secara tepat, sehingga fungsi pintu juga menjadi lebih optimal.

Kelebihan kusen aluminium:

  • Memiliki ketahanan lebih baik karena tidak akan mengalami perubahan bentuk
  • Anti keropos dan rayap
  • Perawatan mudah
  • Gampang dibersihkan karena tinggal menggunakan lap basah saja
  • Tersedia dalam berbagai macam variasi warna
  • Proses pemasangan cepat
  • Tahan pada berbagai kondisi iklim
  • Bobot ringan
  • Harga terjangkau

Kekurangan kusen aluminium:

  • Ukuran kusen yang dipilih harus akurat
  • Model dan desain terbatas
  • Pemasangan harus presisi
  • Hanya cocok diaplikasikan untuk jenis pintu tertentu
  • Rentan terhadap kebocoran

Tips Memilih Kusen Pintu

Supaya fungsi kusen pintu lebih maksimal, termasuk kusen dari material aluminium, maka Anda perlu tahu bagaimana cara memilih kusen pintu secara baik dan benar. Jadi, selain mendapatkan kusen dengan desain terbaik, Anda juga bisa merasakan manfaatnya dengan lebih optimal.

Berikut ini adalah beberapa panduan memilih kusen terbaik:

  • Sesuaikan Jenis atau Model dengan Ruangan

Seperti diketahui, kusen aluminium terdiri atas beragam jenis dan model, dimana setiap jenis dibuat secara khusus untuk ruangan tertentu. Oleh karena itu perlu disesuaikan dengan bentuk dan konsep ruang yang ingin dipasangi dengan set pintu aluminium.

  • Memilih Material Terbaik

Perlu dicatat, bahwa tidak semua kusen aluminium terbuat dari 100% material aluminium. Tidak sedikit jenis kusen aluminium yang dikombinasikan dengan bahan lain.

  • Mempertimbangkan Proses Perawatan

Supaya kualitas dan ketahanannya terjaga, maka kusen pintu harus dirawat secara konsisten. Bahan aluminium terkenal memiliki proses perawatan yang mudah dan cepat.

  • Tentukan Merk dan Budget

Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai merk kusen aluminium. Setiap merk memiliki kelebihan, kekurangan, berikut harganya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis yang dibutuhkan terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan budget.

Kusen pintu aluminium tersedia dalam beragam desain dan warna sehingga cocok sekali diaplikasikan pada hunian Anda. Supaya tampak matching, maka tinggal menyesuaikan desain yang akan dipilih dengan konsep rumah, jadi dapat menonjolkan kesan yang ingin ditampilkan.