Hiasan Dinding ala Jepang

Memasang dekorasi seperti hiasan dinding bisa dibilang cukup penting untuk melengkapi desain interior ruangan Anda agar lebih cantik dan estetik, contohnya hiasan dinding ala Jepang. Hal ini tentu saja tergantung pada tema atau nuansa yang ingin diusung.

Dekorasi bertujuan untuk mempercantik dan melengkapi isi ruangan ,agar tidak terlihat kosong dan dapat memanjakan penglihatan penghuni rumah atau tamu yang berkunjung. Hiasan dinding tak jarang sering menjadi pilihan banyak orang untuk memperindah ruangan dengan nuansa tertentu.

Macam-Macam Model Hiasan Dinding

Setiap orang memiliki selera dan preferensi masing-masing dalam menghias ruangan. Untuk menjawab dan mencocokkan keinginan banyak individu, timbullah berbagai macam model yang diharapkan dapat menjawab keinginan setiap orang.

Adapun, macam-macam model hiasan dinding yang dapat Anda pertimbangkan sebagai hiasan dalam rumah adalah sebagai berikut:

  1. Hiasan Dinding Kata-Kata Motivasi

Hiasan dinding bertuliskan bait kata indah dan motivatif juga dapat Anda masukkan dalam daftar hiasan dinding pilihan. Biasanya, jenis hiasan ini berbentuk bingkai kayu yang dipatri dengan kata motivasi.

Penggunaan kayu sebagai frame hiasan dinding ini akan memberi kesan rustic yang estetik serta natural yang minimalis. Kesan ini akan makin terpancar apabila dilengkapi dengan rak kayu tunggal sebagai tempat peletakan hiasan dan aneka pernak-pernik tambahan lainnya.

Tak hanya dari kayu, hiasan dinding kata-kata motivasi juga dapat berupa frame kaca yang membingkai cetakan kata dalam suatu media. Pengaplikasian jenis hiasan dinding yang satu ini lebih cocok untuk interior ruangan dengan nuansa modern minimalis.

  1. Hiasan Dinding Fotografi

Hiasan ini terdiri dari bermacam-macam jenis lanskap atau potret, baik itu binatang, pemandangan kota, pemandangan alam, foto keluarga, dan lain sebagainya. Hiasan dinding fotografi ini biasanya dibingkai dalam frame yang beragam sesuai tema interior ruangan yang ingin ditunjukkan.

Tanpa membeli pun, Anda sebenarnya bisa membuat jenis hiasan dinding fotografi sendiri. Minimal keluar uang hanya dari kebutuhan frame atau bingkainya saja. Untuk pilihan gambar, sudah banyak tersedia di internet, khususnya di situs penyedia foto dan gambar estetik.

Bagi Anda yang gemar jepret sana-sini, koleksi foto sendiri sudah pasti bagus untuk dipajang di ruangan favorit Anda. Selain bisa mempercantik interior, juga bisa jadi sarana apresiasi karya sendiri. Lumayan, bisa jadi galeri mini di rumah sendiri.

  1. Hiasan Dinding Lukisan

Jika Anda termasuk orang yang lebih suka lukisan dibandingkan foto asli, jenis hiasan dinding satu ini bisa digunakan sebagai pajangan indah ruangan Anda.

Pilihan lukisannya pun banyak, tergantung aliran apa yang paling menggambarkan diri dan desain interior ruangan Anda. Ada lukisan abstrak, surealis, industrial, fantasi, geometris, ilustrasi, ombre, ilusi optik, motif, siluet, dan masih banyak lagi jenis alirannya.

  1. Hiasan Dinding ala Jepang

Seni arsitektur sampai ornamen ala Jepang memang tak pernah sepi peminat. Ada unsur khas yang sangat menarik dari jenis hiasan dinding ini. Secara singkat, seni di Jepang identik dengan nuansa zen yang ditonjolkan.

Saking khasnya, banyak orang akan langsung tahu letak ke-Jepang-an nya setelah melihat jenis seninya. Layaknya karya yang dapat mencuri minat dan langsung membuat hati terpikat. Jenis hiasan dinding khas Jepang juga banyak jenis dan motifnya, mulai dari poster kanvas, kakekuji, dan lain-lain.

Inspirasi Model Hiasan Dinding ala Jepang

Merasakan nuansa Jepang tidak harus datang langsung ke Jepang. Anda bisa membuat nuansa Jejepangan sendiri dimulai dari ruangan atau rumah sendiri. Bisa dengan mengadopsi konsep ruangan ala Jepang secara menyeluruh atau sekedar memajang hiasan dinding khas Negeri Sakura, Jepang.

Jika hiasan dinding umum masih terbagi dalam beberapa kategori, hiasan dinding ala Jepang juga memiliki variasi beragam yang dapat memanjakan mata serta membuat ruangan Anda terkesan zen ala ala Jepang. Berikut beberapa model hiasan ala Jepang yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Lukisan Dinding Karosel Matahari Terbit
Lukisan Dinding Karosel Matahari Terbit
elephantstock.com

Lukisan ini sangat menggambarkan identitas negara Jepang yang juga dikenal dengan julukan sebagai negeri matahari terbit. Warna lukisannya pun sangat indah, seperti tone vintage yang elegan, estetik, dan sangat menenangkan.

Hanya dengan melihatnya saja sudah membuat jiwa jadi tenang karena nuansa damai dari lukisan ini seakan terpancar keluar dan mempengaruhi suasana hati. Lukisan kanvas ini dapat Anda pasang dalam kamar pribadi, ruang kerja, ataupun ruang tamu.

  1. Lukisan Kanvas Lanskap Bunga Sakura
Lukisan Kanvas Lanskap Bunga Sakura
homelisty.com

Hiasan ini sangat cocok bagi kaum wanita atau penyuka warna pink yang elegan dan feminim. Lukisan pohon sakura dengan sepasang burung yang bertengger di rantingnya serta berlatar suasana langit cerah ini terlihat begitu pinky, romantis, lembut, dan menenangkan.

  1. Lukisan Kanvas Mini
Lukisan Kanvas Mini
etsy.com

Jenis lukisan bunga estetik dengan ukuran mini ini dapat dipajang secara berkisi sehingga menimbulkan kesan indah yang rapi. Tak hanya itu, frame kayu yang membingkai lukisan indah ini sangat mendukung dalam memancarkan kesan rustic yang natural, cantik, elegan, dan minimalis.

  1. Lukisan Bordir dan Lampu Dinding dari Bambu
Lukisan Bordir dan Lampu Dinding dari Bambu
odishstore.com

Jika ingin memasang hiasan dinding ala Jepang yang lebih hidup dan timbul, lukisan bordir ini bisa menjadi pilihan tepat pengisi dinding kosong rumah Anda. Anda dapat menyesuaikan warna lukisan bordir dengan warna dinding atau interior ruangan lainnya.

Baca Juga:  Hiasan Meja Kerja

Dilengkapi dengan lampu dinding dari bambu dengan model sangkar burung, paduan keduanya sangat mendukung desain interior ruangan berbasis transisional.

  1. Hiasan Gantung Kakekuji
Hiasan Gantung Kakekuji
a.aliexpress.com

Hiasan gantung kakekuji ini memiliki pola lukisan khas Jepang dan dibuat memanjang ke bawah. Sangat cocok bagi Anda yang suka gonta ganti hiasan tanpa perlu repot karena kakekuji mudah dipasang dan mudah dilepaskan.

  1. Lukisan Kanvas Tunggal Tiga Warna
Lukisan Kanvas Tunggal Tiga Warna
elephantstock.com

Lukisan ini lebih ditekankan pada hiasan ruangan minimalis dengan warna minim dan senada. Kesan yang disampaikan dari hiasan dinding ala Jepang ini adalah kesederhanaan yang berkelas. Hiasan ini dapat dipajang dalam ruang tamu, ruang tidur, dan ruang keluarga.

  1. Pajangan Kipas Jepang dan Ornamen Industrial
Pajangan Kipas Jepang dan Ornamen Industrial
elephantstock.com

Hiasan ini lebih cocok diaplikasikan dalam ruangan sempit dan minimalis. Warna gambar yang ditunjukkan lebih cerah dan bervariasi. Meski demikian, paduan ke semua warnanya tetap enak dipandang dengan kesan klasik modern.

Diikuti pula dengan furniture tambahan bernuansa industrialis sangat cocok dengan hiasan dinding kipas dengan warna yang sama-sama tegas. Perpaduan yang cocok untuk desain interior yang cenderung kalem.

  1. Byobu dan Lampu Hias ala Jepang
Byobu dan Lampu Hias ala Jepang
pinterest.com

Byobu adalah sekat pemisah antar ruangan yang sering dijumpai dalam interior rumah ala Jepang. Tak hanya berfungsi sebagai sekat, motif byobu juga sangat unik dan beragam sebagai hiasan dinding dan ruangan ala Jepang. Perpaduan antara byobu dan lampu hias ala Jepang sangat cocok untuk menghadirkan suasana hangat ruangan.

  1. Lukisan Dinding Bunga Sakura, Shoji, dan Bonbori
Lukisan Dinding Bunga Sakura, Shoji, dan Bonbori
livspace.com

Paket hiasan ini sangat cocok untuk Anda yang sangat ingin punya kamar ala Jepang. Lukisan dinding bunga sakura sederhana, hiasan dinding layaknya pintu geser shoji, dan lentera gantung bonbori sudah sangat mencirikan identitas Jepang hanya dalam satu ruangan.

Ada banyak sekali pilihan hiasan dinding ala Jepang yang dapat mengisi kekosongan ruang atau dinding di rumah. Jadi, Anda lebih suka hiasan model yang mana, nih? Masing-masing hiasan tentu saja memiliki daya tarik tersendiri. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda, ya!